-->

Apa Itu Language Meta Tag?

Apa itu Language Meta Tag dan Kegunaannya

Jika sebelumnya dijelaskan, Apa itu Tag Hreflang? Maka kini apakah sobat sudah tau apa itu (Bing) Language Meta Tag atau bisa juga disebut Meta Tag Bahasa?


Language Meta Tag (Meta Tag Bahasa) adalah sebuah Meta Tag yang akan menerjemahkan laman atau konten Website ke bahasa tertentu sesuai dari aturan Meta Tag itu sendiri. Dan bisa dikatakan, bahwa Language Meta Tag adalah saingannya dari Tag Hreflang.

Sejak Google dan Yandex mendukung adanya fitur Tag Hreflang untuk memudahkan pengguna internet mengetahui arti bahasa asing dari konten Website yang ia kunjungi, maka Bing juga tak tinggal diam.

Mungkin saja yang dipikirkan Bing saat itu ialah, membuat sebuah fitur terjemahannya sendiri yang lebih berbeda dari Tag Hreflang, untuk menunjukkan kemandirian dan kekuatan teknologi Bing itu sendiri.

arlinadesign

Seperti yang sobat tau, bahwa Bing memanglah rival sejati Google, mungkin alasan ini pula yang menyebabkan Bing ingin sesuatu yang lebih berbeda dari Google, walaupun kini sudah muncul Mesin Telusur baru dan bisa jadi rival terbarunya yaitu Yandex.

Namun ada sedikit perbedaan dari Language Meta Tag dengan Tag Hreflang, apa itu?

Yaitu ternyata di Language Meta Tag tak mendukung adanya (x-default) atau terjemahan untuk semua negara. Ya, itu bisa dikatakan perbedaan tipis sekaligus kekurangan dari Language Meta Tag itu sendiri.

Seperti yang disebutkan tadi diatas, bahwa Language Meta Tag bekerja sesuai dengan aturannya sendiri. Maksudnya ialah bahwa Bing hanya akan menerjemahkan bahasa sesuai dari aturan meta tag itu sendiri.

Apabila diatur hanya untuk bahasa Jerman, maka hanya akan diterjemahkan ke bahasa Jerman. Jika hanya diatur untuk bahasa Spanyol, maka hanya diterjemahkan ke bahasa Spanyol. Maka begitu pula dengan yang lainnya.

Jadi itu adalah masalah yang ribet dan tantangan tersendiri bagi Web maupun Blog yang ingin Go Internasional. Namun tak usah khawatir, sebab sobat juga bisa langsung untuk memakai Language Meta Tag dalam versi bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris.

<meta content='text/html; charset=utf-8' http-equiv='content-type'/>
<meta content='en-us' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='United State' name='Country'/>
<meta content='United State' name='Geography'/>

Namun ada kabar buruknya...

Dari berbagai sumber, ternyata meta http-equif adalah sebuah kode yang sudah usang dan patut untuk dibuang, sebab kode tersebut ialah versi yang sangat lawas dari HTTP nyata, bahkan HTML5 pun tak mendukung adanya kode tersebut.

Bahkan ada yang menyatakan, bahwa <meta name="language" content="xx" /> adalah sebuah kode yang bahkan sumbernya tak akurat dan tak tau darimana itu berasal, dan mungkin kode tersebut diciptakan hanya digunakan sebagai untuk Darurat SEO.

Namun tak perlu khawatir pula, sebab itu hanyalah pandangan dan pendapat dari beberapa pakar yang sudah profesional, dari lokal maupun yang sudah internasional.

Lagipula seperti Twitter pun, sebenarnya terjemahannya pun didukung sendiri oleh Bing. Maka tak perlu cemas dengan adanya kelemahan dari Language Meta Tag.

Tetapi tak sedikit pula Website dan Blog dari seluruh penjuru dunia yang berjaga-jaga dan siap siaga. Dan sobat pun juga dapat melakukannya, dengan mengikuti rekomendasi dari HTML5 W3C, yaitu agar pemilik khususnya pengurus situs untuk memakai atribut lang pada elemen root html. Contoh:


Walaupun beberapa pakar ada yang berpendapat beda dalam memakai atribut lang. Namun tentu sobat dapat memilih satu dari antara dua atribut lang tersebut. Mau pilih antara kode diatas atau sobat pun juga dapat memilih kode atribut lang dibawah ini:




Makin bingung ya? Memang iya, sebenarnya ini ilmu yang sangat rumit daripada ilmu Tag Hreflang. Namun apa salahnya untuk menambah wawasan dan pengalaman ??

Kalaupun sobat pun ingin bereksperimen lebih lanjut, silahkan saja gak ada yang larang, malah kami pun akan senang. Namun bagi yang gak mau ribet ngurus kode-kode yang sangat rumit, sobat bisa saja langsung memakai kode yang pertama, sesuai dari Pedoman Tutorial Bing.

Katanya sudah usang? Itu kan hanya pendapat dari beberapa pakar lainnya, namun jika mengikuti petunjuk Pedoman Resmi dari Bing, maka kode yang pertama juga dapat dipasang. Selain itu, untuk berjaga-jaga sobat pun juga dapat memasang lagi kode diantara kedua atribut lang tersebut.

Ya begitulah ilmu tentang Bing Language Meta Tag atau Meta Tag Bahasa, memang cukup rumit dan lumayan susah.

Tidak ada komentar